Bahaya-bahaya yang Dapat Terjadi dari Penyakit Asam Lambung

Asam lambung merupakan penyebab seseorang dapat mengalami maag atau pun GERD. Penyakit asam lambung dapat terjadi di kalangan usia mana pun, tapi yang banyak terjadi yaitu orang yang sudah lanjut usia karena kadar asam lambungnya yang semakin berkurang. Untuk lebih jelasnya, tidak ada salahnya simak penjelasannya di bawah ini.

Bahaya Kenaikan Asam Lambung

Asam lambung yang Anda alami pada awalnya akan membuat perut terasa panas seolah ada sensasi terbakar. Mulut pun tidak hanya merasakan efek asam, namun juga terasa kesemutan, khususnya di bagian belakang. Hal ini bisa semakin mudah terjadi jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, banyak minyak, berlemak, atau pun makan dalam jumlah yang besar.

Jika dibiarkan begitu saja, tentunya ada beberapa bahaya yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

Striktur Kerongkongan atau Esofagus

Dari banyaknya kondisi yang serius akibat penyakit asam lambung, ada yang penyakit yang paling kronis yaitu striktur kerongkongan atau esofagus. Kondisi yang satu ini terjadi karena lapisan pada kerongkongan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh asam lambung yang semakin meningkat dan benar-benar melebihi batasnya.

Ketika seseorang mengalami hal ini, dia akan semakin sulit menelan, sangat mudah tersedak, sampai makanan yang dimakan akan mudah tersumbat di tenggorokan.

Esofagitis

Selain esofagus, penyakit lainnya yang dipicu dari naiknya asam lambung adalah esofagitis. Kondisi yang satu ini mengakibatkan lapisan kerongkongan mengalami peradangan dan memberikan dampak yang berbahaya lainnya.

Orang yang mengalami esofagitis, kerongkongannya akan muncul perdarahan, iritasi, mau pun luka. Tidak hanya itu saja, kerongkongan juga akan mudah menyempit yang dapat memicu penyakit kronis yang menyerang kerongkongan. Karena sudah menyerang kerongkongan, penderitanya tidak akan mudah makan karena akan terasa sangat nyeri atau seperti ada yang tersangkut.

Barret esofagus

Penyakit asam lambung yang parah juga dapat mengakibatkan barret esofagus. Penyakit tersebut membuat sel-sel yang ada di lapisan kerongkongan rusak karena menerima asam lambung yang terjadi terus menerus. Tidak heran kerongkongan yang mendapatkan kenaikan asam lambung terlalu sering akan membuat lapisan kerongkongannya menjadi cepat rusak, belum lagi mengalami perubahan pada selnya seperti lapisan usus.

Peluang mengalami penyakit yang satu ini bisa saja terjadi jika asam lambung Anda sudah terlalu sering naik dan Anda tidak segera mengatasinya. Penderita yang mengalaminya tentu akan semakin sulit untuk makan, bahkan untuk minum saja akan terasa sakit atau nyeri. Selain itu, tenggorokan juga akan terasa seperti panas dan meradang kalau tidak segera diobati.

Hampir semua orang pasti mengalami penyakit asam lambung. Namun, jika Anda tidak segera mengatasinya, tentu akan terjadi berbagai macam penyakit berbahaya seperti di atas. Maka dari itulah, kalau asam lambung Anda sudah naik selama lebih dari 2 hari, segera ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.