Cegah Resiko Mata Kering Akibat Layar dengan Insto Dry Eyes

Mata yang kering dapat terjadi akibat menatap layar terlalu lama, baik layar komputer maupun gawai. Rasa tidak nyaman seperti mata perih, berwarna merah, gatal hingga berair merupakan gejala yang timbul akibat mata yang kering. Guna menghindari hal tersebut, berikut ini adalah penjelasan tentang penyebab, cara mencegah dan mengatasi mata yang kering.

Penyebab Mata Menjadi Kering saat Menatap Layar

Sindrom mata kering atau keratokonjuncrivitis sicca merupakan kondisi dimana mata tidak mendapatkan lubrikasi (pelumasan) yang baik oleh air mata. Air mata memiliki tugas penting untuk membantu fungsi penglihatan dan menjaga kesehatan mata, seperti melembapkan mata, menjaga mata dari infeksi kuman, melumasi mata dan memperluas pandangan.

Ketika air mata mengering berbagai fungsi tersebut akan terganggu. Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa hal yaitu produksi air mata yang kurang baik dan penguapan air mata yang cepat, sehingga membuat mata sepet dan kering.

Produksi air mata terjadi di kelenjar lakrimal dan diatur oleh hormon. Produksi jumlah air mata disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu perubahan hormon, kondisi medis tertentu dan penggunaan obat-obatan tertentu. Sedangkan kualitas air mata ditentukan oleh asupan gizi seperti, asam lemak omega-3, protein, vitamin A dan Air.

Berbagai aktivitas yang membutuhkan fokus visual seperti menatap layar dapat mempercepat penguapan air mata. Hal ini disebabkan karena ketika menatap layar reflek berkedip akan menurun hingga 3 kali lipat. Jika pada kondisi normal mata berkedip kurang lebih 15 kali per-menit, ketika menatap layar reflek berkedip akan menurun menjadi 5 kali per-menit.

Berkedip merupakan cara mata melakukan fungsi lubrikasi, kelembapan kembali dan membersihkan mata dari kotoran. Berkedip juga membuat air mata kelar sehingga mata tetap dalam kelembapan konstan. Mata yang terbuka lebih lama dan tidak keluarnya air mata akibat jarang berkedip merupakan alasan utama mata menjadi kering saat menatap layar.

Cara Mengatasi Mata yang Kering

Mata yang kering bisa Anda atasi menggunakan pengganti sementara air mata alami, seperti Insto Dry Eyes. Kandungan Insto Dry Eyes diformulasikan khusus sehingga mirip dengan air mata alami untuk mengatasi masalah mata yang kering. Kandungan anti bakteri pad Insto Dry Eyes juga bisa membantu Anda mencegah infeksi bakteri yang masuk ke dalam mata.

Cara Pencegahan

Cara Pencegahan yang paling efektif tentunya dengan mengurangi durasi menatap layar. Namun bagi Anda yang bekerja menggunakan layar, Anda bisa menggunakan lensa anti radiasi dan sinar UV untuk mengurangi paparan sinar biru dari layar. Anda juga bisa mengatur kecerahan layar Anda agar lebih nyaman bagi mata.

Jika mata pegel dan mulai terasa lelah sebaiknya istirahatkan mata Anda atau perbanyaklah berkedip untuk merangsang mata mengeluarkan air mata alami. Jika perlu, Anda bisa mengompres mata Anda dengan air hangat untuk merlaksasikan otot mata yang tegang, sehingga kinerja kelenjar lakrima bisa kembali optimal.

Anda juga bisa melakukan teknik 20-20-20, dimana setiap Anda menatap layar selama 20 menit Anda harus beristirahat selama 20 detik dengan menatap objek berjarak 20 kaki (6 meter). Kegiatan menatap objek ini juga bisa merelaksasi otot mata Anda yang tegang akibat menatap layar yang dekat dalam waktu lama.

Itulah penyebab mata menjadi kering saat menatap layar serta cara mengatasi dan mencegahnya. Pastikan mata ada selalu dalam kondisi baik saat bekerja, jika mata lelah dan terasa kering segera gunakan Insto Dry Eyes agar aktivitas Anda bisa kembali berjalan dengan lancar dan mata anda tetap sehat.