Obat Sariawan Herbal Ampuh yang Cocok untuk Anak

Saat si kecil mengalami sariawan, pasti Anda panik karena ia rewel terus bahkan menangis. Pemakaian obat sariawan yang alami lebih dianjurkan untuk mengobati sariawan pada anak. Beberapa ramuan herbal dapat meredakan rasa perih dan panas akibat sariawan. Peradangan dan bengkak juga bisa disembuhkan. Beberapa rekomendasi obat herbal ini bisa dicoba.

  1. Madu dan Perasan Kunyit

Persoalan sariawan yang dialami si buah hati bisa segera diatasi dengan pengobatan alami. Kunyit sudah terkenal sebagai bahan alami yang khasiatnya ampuh. Dalam mengobati sariawan, kunyit juga sangat berperan. Untuk mengobatinya, Anda bisa membuat air kunyit. Sifat zat anti inflamasi, antiseptik, dan anti bakteri yang terkandung dalam kunyit bisa menyembuhkan.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan kunyit, kemudian tambahkan air secukupnya. Peras dan saringlah campuran air dan kunyit tersebut sampai terkumpul secukupnya. Berikutnya, tambahkan madu ke dalam air perasan tersebut. Aduk sampai rata dan terasa manis.

Setelah minuman tersebut terasa manis, barulah minuman tersebut diberikan kepada si kecil. Selain memberikan rasa manis, madu mengandung zat antioksidan yang baik untuk menyembuhkan luka.

  1. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sangat terkenal sebagai obat herbal. Gel lidah buaya ampuh mengobati sariawan dengan mengurangi iritasi, rasa perih, dan panas akibat luka sariawan. Bahan aktifnya mampu membunuh kuman serta bakteri di mulut.

Cara membuatnya adalah mengambil batang lidah buaya segar, ambil gelnya, dan campurkan dengan air secukupnya. Oleskanlah pada area sariawan dan diamkan beberapa saat. Setelah beberapa lama, mintalah anak untuk berkumur.

  1. Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa

Obat sariawan herbal yang pas untuk anak adalah yang tidak pahit. Minyak zaitun dan minyak kelapa bisa menjadi alternatif dalam mengobati sariawan pada anak. Anda bisa mengoleskannya ke area sariawan dengan kapas sampai rata dan menepuk-nepuk agar lebih meresap.

Berdasarkan khasiatnya, minyak zaitun menyembuhkan peradangan serta menghilangkan kuman dan penyakit di dalam mulut. Minyak kelapa juga sama fungsinya plus mampu melunakkan sariawan.

  1. Kompresan Teh Chamomile

Selain membuat minuman herbal ataupun mengoleskan obat ke area sariawan, Anda dapat mengompres sariawan dengan teh chamomile. Bahan yang terkandung di dalamnya yaitu lovemenol mampu mengatasi peradangan akibat sariawan.

Cara membuat kompresannya adalah dengan membungkus teh chamomile kering menggunakan handuk lembut. Rendamlah handuk itu dengan air dingin sampai 5 menit, kemudian angkat. Kompres bagian sariawan dengan handuk dan lakukan treatment tersebut sampai 3 kali sehari agar lebih cepat sembuh.

  1. Campuran Akar Manis dengan Kunyit dan Madu

Akar manis juga sangat efektif menyembuhkan sariawan karena bersifat demulcent atau meringankan serta anti inflamasi. Jadi, khasiatnya mampu mengurangi rasa sakit serta bengkak di area sariawan.

Cara membuat obat herbalnya adalah dengan merendam 1 sendok makan akar manis ke dalam 2 gelas air. Gunakanlah air rendaman untuk berkumur. Jika akar manisnya berbentuk bubuk, campurkan dengan kunyit yang sudah dihaluskan dan madu. Oleskan ke bagian sariawan.

Aneka ramuan herbal tersebut cocok dikonsumsi oleh anak karena tidak pahit. Terdapat juga ramuan untuk mengompres luka akibat sariawan agar lebih cepat sembuh. Obat sariawan alami ini harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan sampai sariawan benar-benar sembuh. Info lebih lanjut bisa dibaca di parenting.orami.co.id yang membahas solusi gangguan kesehatan pada anak.