Tips Memilih Kasur Bayi bagi Orang Tua Muda

Orang tua pasti bahagia menyambut lahirnya sang buah hati. Sudah seharusnya orang tua mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk si kecil. Salah satunya adalah kasur bayi. Sebenarnya, tidak susah untuk menemukan kasur bayi baru lahir karena tersedia di berbagai toko perlengkapan bayi. Namun, ada bermacam-macam kasur bayi yang tersedia. Agar tak salah pilih, kalian harus memperhatikan panduan di bawah ini.

Tips Memilih Kasur Bayi

Ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan dalam memilih kasur khusus bayi. Tips berikut akan membantu kalian para orang tua untuk mendapatkan yang terbaik:

  1. Hindari Kasur Terlalu Empuk & Lembut

Banyak orang tua berpikir kasur yang baik untuk bayi adalah yang menggunakan bahan empuk & lembut. Padahal, hal ini tak selamanya benar. Pasalnya, kasur yang terlalu empuk & halus bisa membuat wajah bayi terbenam sehingga mengakibatkan kematian mendadak. Jadi, pilihlah kasur yang teksturnya agak keras untuk mencegah hal ini terjadi. Selain itu, kasur yang agak keras juga bagus untuk menopang tulang punggung si kecil yang masih rentan.

  1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Kasur bayi tersedia dalam berbagai ukuran. Untuk itu, pilihlah ukuran yang sesuai. Kalian bisa menyesuaikan ukuran dengan panjang bayi maupun ukuran box bayi. Pasalnya, kasur bayi bisa diletakkan di kasur utama, ruang tamu, atau di box bayi. Untuk kasur yang diletakkan ke dalam box bayi, sebaiknya pilih ukuran yang pas dan tidak ada celah di sisi-sisi ranjang. Jadi, bayi bisa tidur dengan aman dan nyaman.

  1. Beli Kasur Bayi Baru

Banyak orang tua mempertimbangkan untuk membeli kasur bayi bekas karena harganya yang jelas jauh lebih murah. Namun, kasur bayi yang sudah lama biasanya akan terkena bakteri maupun zat-zat lain yang bisa membahayakan si bayi. Kasur yang baru biasanya lebih steril karena belum pernah dipakai. Untuk itu, jangan ragu untuk menginvestasikan uang lebih banyak untuk membeli kasur baru daripada kasur bekas yang tidak terjamin kebersihannya. Apalagi, kebanyakan kasur bayi tidak bisa dicuci dan hanya bisa dijemur.

Model-model Kasur Bayi

Ada berbagai model kasur bayi yang bisa kalian beli di toko-toko perlengkapan bayi. Berikut beberapa model yang umum kita jumpai:

  1. Kasur Bayi Kelambu

Ini adalah jenis kasur khusus bayi yang hadir dengan dilengkapi kelambu di atasnya. Biasanya, kelambu tersebut bisa digulung saat tak digunakan. Dengan membeli kasur model ini, artinya kalian tidak perlu membeli kelambu sendiri secara terpisah. Kelambu sangat bermanfaat untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau serangga lain.

  1. Kasur Bayi Karakter

Untuk menarik perhatian, kasur bayi didesain dengan bentuk karakter-karakter yang lucu dan unik. Kasur karakter ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar dan bisa digunakan sampai bayi tumbuh menjadi anak-anak. Namun, jangan pernah meninggalkan bayi umur kurang dari 3 bulan di atas kasur sendirian. Pasalnya, teksturnya yang empuk bisa membuat kepala bayi tenggelam dan menyebabkan kematian mendadak.

  1. Kasur Bayi Lipat

Satu lagi model yang sering kita jumpai yaitu kasur bayi lipat. Model ini bisa dibawa ke mana-mana sehingga cocok untuk kalian yang suka bepergian keluarga. Bentuknya praktis dan bisa dimasukkan ke dalam tas dengan mudah. Kini, kalian bisa memilih dan memutuskan mana kasur bayi yang paling cocok untuk buah hatimu.